SENIN-SABTU7.00 - 13.00TELP0361-943524

HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT RSUD SANJIWANI TAHUN 2018

August 22, 2019 by sanjiadmin0

HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT

RSUD SANJIWANI TAHUN 2018

 

Survei ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pengguna jasa pelayanan terhadap seluruh pelayanan yang diselenggarakan oleh RSUD Sanjiwani Kabupateb Gianyar. Survei ini juga bertujuan untuk mengukur kepuasan staff/pegawai terhadap manajemen yang diterapkan oleh pihak rumah sakit. Survei cross sectional ini melibatkan sebanyak 800 pasien yang terbagi menjadi 400 pasien di rawat inap dan ruang khusus dan 400 pasien di rawat jalan. Besar sampel menggunakan rumus rule of thumb yaitu kecukupan jumlah sampel sesuai dengan kebutuhan survei dan analisis data. Pengambilan jumlah sampel di masing-masing ruangan menggunakan teknik proporsional sampling berdasarkan laporan jumlah pasien di RSUD Sanjiwani Kabupaten Gianyar bulan September 2018.

Hasil survei kepuasan yang telah dilakukan di RSUD Sanjiwani Kabupaten Gianyar menunjukkan tingkat kepuasan pasien di rawat inap, ruang khusus dan rawat jalan sudah baik dengan skor rata-rata kepuasan 4.00 dan Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat mencapai 80. Unsur yang perlu diperhatikan karena mendapat respon tidak setuju dan sangat tidak setuju paling banyak yaitu waktu pelayanan khususnya waktu tunggu pelayanan obat, hasil pelayanan yang diterima belum sesuai dengan harapan, perilaku petugas kesehatan yang masih kurang dalam memberikan pelayanan dengan tutur kata yang sopan dan biaya/ tarif pelayanan di rumah sakit. Selain itu juga perlu diperhatikan terkait penanganan pengaduan saran dan masukan yang mendapatkan nilai rata-rata paling rendah dari sembilan unsur yang ada. Beberapa hal terkait sarana yang masih perlu menjadi perhatian pihak rumah sakit seperti perlu ditingkatkan kebersihan toilet, pemasangan AC di ruang IRD, halaman parkir di perluas dan penambahan tong sampah di beberapa tempat pelayanan rawat jalan.

Penghitungan Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat

Tabel 5. Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Per Unsur Pelayanan Rawat Inap dan Ruang Khusus

No Unsur Pelayanan Nilai Rata-Rata (NRR)/ Unsur NRR tertimbang/Unsur
1 Persyaratan (U1) 4.12 0.453
2 Prosedur (U2) 4.10 0.451
3 Waktu Pelayanan (U3) 4.07 0.447
4 Biaya Pelayanan (U4) 3.92 0.431
5 Prosedur spesifikasi jenis pelayanan (U5) 4.13 0.455
6 Kompetensi pelaksana (U6) 4.09 0.450
7 Perilaku pelaksana (U7) 4.08 0.449
8 Penanganan pengaduan, saran dan masukan (U8) 3.51 0.386
9 Sarana dan prasarana (U9) 4.11 0.452
∑NRR tertimbang/Unsur 3.975
IKM UNIT PELAYANAN 79.49
MUTU PELAYANAN BAIK

Berdasarkan Tabel 5. diketahui bahwa dari 9 unsur pelayanan yang dinilai pada ruang rawat inap, nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) unit pelayanan rawat inap RSUD Sanjiwani Gianyar sebesar 79.49 dan masuk dalam kategori mutu pelayanan baik. Dari nilai rata-rata per unsur pelayanan diketahui unsur penanganan pengaduan, saran dan masukan memiliki nilai paling rendah dibandingkan unsur lainnya.

Penghitungan Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat

Tabel 10. Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Per Unsur Pelayanan Rawat Jalan

No Unsur Pelayanan Nilai Rata-Rata (NRR)/ Unsur NRR tertimbang/Unsur
1 Persyaratan (U1) 4.21 0.463
2 Prosedur (U2) 4.22 0.464
3 Waktu Pelayanan (U3) 4.10 0.451
4 Biaya Pelayanan (U4) 4.28 0.471
5 Prosedur spesifikasi jenis pelayanan (U5) 4.27 0.470
6 Kompetensi pelaksana (U6) 4.21 0.463
7 Perilaku pelaksana (U7) 4.22 0.464
8 Penanganan pengaduan, saran dan masukan (U8) 3.70 0.406
9 Sarana dan prasarana (U9) 4.19 0.461
∑NRR tertimbang/Unsur 4.114
IKM UNIT PELAYANAN 82,29
MUTU PELAYANAN BAIK

 

Berdasarkan Tabel 10. diketahui bahwa dari 9 unsur pelayanan yang dinilai pada ruang rawat jalan, nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) unit pelayanan rawat inap RSUD Sanjiwani Gianyar sebesar 82.29 dan masuk dalam kategori mutu pelayanan baik. Dari nilai rata-rata per unsur pelayanan diketahui unsur penanganan pengaduan, saran dan masukan memiliki nilai paling rendah dibandingkan unsur lainnya

Tingkat kepuasan pasien terhadap peserta didik sudah baik dengan skor rata-rata kepuasan berada pada skala 4. Hal yang masih perlu diperhatikan dari pelayanan yang diberikan oleh peserta didik kepada pasien terkait unsur pemberian informasi dan kompetensi teknis.

Adapun saran yang dapat diberikan terkait beberapa masalah yang ditemukan dari hasil survey adalah diberikan pelatihan bagi staff medis maupun non medis yang bertugas dalam meberikan jasa pelayanan di RSUD Sanjiwani Kabupaten Gianyar khususnya kemampuan komunikasi interpersonal yang baik sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal dengan tutur kata yang sopan dan baik kepada pasien. Terkait  pengaduan, saran dan masukan diharapkan adanya perbaikan dalam sistem/proses sehingga segala keluhan atau aspirasi pasien yang mendapatkan pelayanan di rumah sakit dapat tertampung dengan baik dan segera mendapatkan feedback sehingga permasalahan pasien dapat tertangani dengan baik. Bagi peserta didik yang menjalani pendidikan di RSUD Sanjiwani Gianyar diharapkan dapat meningkatkan kemampuan khususnya dalam komunikasi dna kompetensi teknis. Perlu adanya kerjasama antara pihak rumah sakit dan universitas tempat peserta didik menimba ilmu agar peserta didik dibekali keterampilan yang cukup. Sehingga peserta didik dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa layanan rumah sakit dengan tetap mematuhi prosedur pelayanan dan tata tertib rumah sakit.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Visit us on social networks:


Visit us on social networks:


0361-943049


Silahkan untuk menghubungi kami apabila anda dalam keadaan darurat dan butuh atensi medis.


Copyright 2019. All rights reserved.