Profil RSUD Sanjiwani Gianyar

Diperbaharui: August 14, 2023 Oleh sanjiadmin

RSUD Sanjiwani berdiri tahun 1955 yang pada saat itu masih berupa poliklinik. Setelah ditetapkan menjadi rumah sakit umum pada tahun 1961, pelayanan yang disediakan adalah pelayanan rawat inap dan rawat jalan. Selama perkembangannya, RSUD Sanjiwani berkembang dari rumah sakit umum daerah kelas D pada tahun 1970, RSUD Kelas C pada tahun 1993, dan pada tahun 2022 ditetapkan menjadi RSUD kelas B sekaligus sebagai jejaring pendidikan. Pada tahun 2008 RSUD Sanjiwani berubah status menjadi Badan Layanan Umum Daerah berdasarkan Keputusan Bupati Gianyar Nomor 56 Tahun 2008 tentang Penetapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK BLUD) pada RSUD Sanjiwani Gianyar yang dilengkapi dengan Peraturan Bupati Gianyar Nomor 7 tahun 2008 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi RSUD Sanjiwani Kabupaten Gianyar serta Peraturan Bupati Gianyar Nomor 52 Tahun 2012 tentang Stándar Akuntansi Berbasis Akrual Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar. Dengan Visi “Menjadikan RSUD Sanjiwani kabupaten Gianyar terdepan dalam pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian serta teknologi kesehatan berstandar nasional” dan terdapat dua Misi utama, yaitu “Mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan tata kelola manajemen keuangan yang efektif, efisien dan akuntabel” dan “Mewujudkan mutu pendidikan dan penelitian di bidang kesehatan dan SDM dengan performance kinerja yang unggul”, RSUD Sanjiwani menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna dengan upaya penyembuhan, pemulihan, peningkatan, pencegahan, pelayanan rujukan, pendidikan, penelitian dan pengembangan serta pengabdian masyarakat. Tujuan Rumah Sakit adalah:

  • Meningkatkan Mutu pelayanan di RSUD Sanjiwani Kabupaten Gianyar yang berfokus pada keselamatan pasien
  • Meningkatkan kinerja manajemen keuangan di RSUD Sanjiwani Kabupaten Gianyar
  • Meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian serta SDM untuk menunjang pelayanan kesehatan RSUD Sanjiwani Kabupaten Gianyar

Berdasarkan Keputusan Direktur RSUD Sanjiwani Nomor 188/17507/RSU/2022 tentang penetapan jumlah tempat tidur perawatan rawat inap, saat ini kapasitas tempat tidur di RSUD Sanjiwani adalah 224 tempat tidur, dimana 35 diantaranya merupakan tempat tidur Covid-19 yang disediakan sebagai antisipasi rumah sakit dalam masa pandemi Covid-19. Berbagai layanan kesehatan tersedia di RSUD Sanjiwani. Terdapat 20 poliklinik spesialis rawat jalan yang disediakan, layanan rawat inap, stroke unit, perawatan psikiatri, burn unit, layanan rawat khusus seperti instalasi gawat darurat, bedah sentral, intensif care unit, haemodialisa, endoskopi, dan ruang khusus infeksi. Selain itu, layanan penunjang yang tersedia antara lain laboratorium dan radiologi yang tersedia 24 jam, CT-Scan, pelayanan farmasi dan pelayanan gizi, mamografi, dan EEG. Dengan jumlah pegawai sebanyak 832 orang yang terdiri dari 508 tenaga ASN dan 324 tenaga non ASN, RSUD Sanjiwani siap memberi pelayanan berkualitas.

VISI & MISI

Visi

  • Menjadikan Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani terdepan dalam pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian serta teknologi kesehatan berstandar nasional.

Misi

  • Mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan tata kelola manajemen keuangan efektif, efesien dan akuntabel
  • mewujudkan MUTU PENDIDIKAN DAN PENELITIAN di bidang kesehatan dan SDM performance kinerja yang unggu

Tujuan

  • meningkatkan Mutu pelayanan di RSUD Sanjiwani Kabupaten Gianyar yang berfokus pada keselamatan pasien
  • meningkatkan kinerja manajemen keuangan di RSUD Sanjiwani Kabupaten Gianyar
  • Meningkatkan MUTU PENDIDIKAN DAN PENELITIAN serta  SDM untuk menunjang pelayanan kesehatan RSUD Sanjiwani Kabupaten Gianyar

Fasilitas

Berikut merupakan foto adanya sarana, prasarana yang dapat menunjang penyelenggaraan pendidikan, antara lain: ruangan pembelajaran, ruang diskusi, perpustakaan, sistem informasi Rumah Sakit, teknologi informasi, sistem dokumentasi, skill lab, peralatan phantom dan audiovisual:

1.Ruang Pembelajaran

2. Ruang Diskusi

3. Ruang Perpustakaan

4. Sistem Informasi Rumah Sakit

5. Teknologi Informasi


Link Tautan:
Materi Ilmiah Dokter Muda (e-learning FKIK Warmadewa): disini
Informasi Hasil Nilai Pendidikan Dokter muda (SiMon): disini

6. Sistem Dokumentasi

7. Skill Lab

8. Peralatan Phantom

9. Audiovisual

10. Ruang Jaga Peserta Didik


Perpustakaan

Dalam menunjang proses pendidikan kedokteran, RSUD Sanjiwani bekerjasama dengan Warmadewa menyediakan sarana prasarana perpustakaan yang nyaman dan dilengkapi dengan Wifi. Seluruh peserta didik bisa mengakses seluruh buku, jurnal yang ada di perpustakaan Warmadewa dan di RSUD Sanjiwani baik versi digital maupun cetak.

Menuju Site Perpustakaan

Portal Mahasiswa

Portal Mahasiswa merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi dosen untuk menunjang kegiatan edukasi di RS Pendidikan RSUD Sanjiwani Gianyar

  1. Plotting Koas RSUD Sanjiwani

2. Siklus Kepaniteraan

Alumni Yang Lanjut Spesialis

3. Evaluasi Pendidikan Klinik 2022


Visit us on social networks:


Visit us on social networks: